4 Program Kerja Besar Disbunnak 2020-2024

Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sanggau menyampaikan 4 Program kerja besar yang akan dilaksanakan pada periode 2020-2024. Program kerja ini disampaikan pada saat Kegiatan Penyusunan Programa Penyuluhan Pertanian Tingkat Kabupaten Sanggau Tahun 2020 di Ruang Musyawarah lt. 1 Kantor Bupati Sanggau (10/12/2019).

Ke-4 program yang akan dilaksanakan tersebut adalah : Peremajaan Tanaman Perkebunan, Penataan kembali perizinan usaha perkebunan, Pencegahan dan Pengendalian penyakit endemik hewan/ternak, Peningkatan konsumsi kalori/protein hewani masyarakat.

Terkait Peremajaan Tanaman Perkebunan, Dinas Perkebunan dan Peternakan pada tahun ini sudah merealisasikan seluas 1.323 Ha lebih yang mana dana yang sudah teralisasi mencapai 6.5 milyar dan akan masuk nantinya sekitar kurang lebih 13  Milyar yang berasal dari BPDKS . sebuah investasi perkebunan yang cukup besar. Kondisi ini diharapkan dapat memberikan semangat bagi pekebun lain yang belum mengikuti program PSR ini. Selain Program PSR, fokus Dinas Perkebunan dan Peternakan adalah Pencegahan dan Pengendalian penyakit endemik hewan/ternak  terutama Rabies. Rabies di Kabupaten Sanggau sudah menjadi penyakit endemik yang harus segera ditangani. Pencegahan dan pengendalian terus menerus dilakukan secara Serentak, Masif dan Seluruhnya. Sementara itu untuk Penataan Perizinan usaha perkebunan merupakan penjabaran amanah Inpres No 8/2018 tentang Penundaan dan Evaluasi Perizinan Perkebunan Kelapa Sawit Serta Peningkatan Produktivitas Perkebunan Kelapa Sawit. Terkait konsumsi protein hewani terutama daging sapi, Kabupaten Sanggau masih jauh dari standar yang ideal, dimana baru tercapai 0,9 dari 2.5 Kg/Kap/Tahun.

Program dan kegiatan tersebut diatas dapat diadopsi untuk penyusunan matrik programa penyuluhan pertanian Kabupaten tahun 2020 dan diaplikasikan sesuai dengan tupoksi dari stakeholder terkait dan terutama dari peran penyuluh itu sendiri yang merupakan agen perubahan di lapangan.

 

 

 

 

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.