Disbunnak Sanggau galakan Pelayanan Kesehatan Hewan

Berhasilnya program UPSUS SIWAB (Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting) tidak terlepas dari  kegiatan Pelayanan Kesehatan Hewan Terpadu. Program Pelayanan Kesehatan Hewan Terpadu dilaksanakan oleh Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sanggau melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Berbagai pelayanan kesehatan hewan bisa diikuti semua petani peternak. Mulai dari penyuluhan kesehatan hewan, pengobatan, hingga pemeriksaan kebuntingan bisa diikuti peternak tanpa dikenakan biaya.

Untuk wilayah desa Sape Kecamatan Jangkang kali ini Bidang Peternakan dan Keswan dibantu para dokter hewan dari UPT Laboratorium Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Barat. Dari hasil pemeriksaan tim setelah program ini berjalan, penyakit yang umum ditemui pada ternak adalah penyakit seperti cacingan, penyakit kulit, miasis atau adanya luka di tubuh ternak.

Selain pengobatan, lewat program ini semua hewan ternak baik yang sakit maupun yang sehat juga mendapatkan suntikan vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan juga obat cacing, tujuannya agar hewan ternak sehat.

About the Author

You may also like these