Diversifikasi Pertanian Melalui Integrasi Peternakan dan Perkebunan

Rapat integrasi sapi sawit yang diadakan di BAPPEDA KALBAR pada tanggal 9 Desember 2019 ini melibatkan seluruh BAPPEDA, Dinas yang membidangi fungsi peternakan, Dinas Kehutanan dan Dinas Perkebunan Kota dan Kabupaten di seluruh Kalimantan Barat, yang mana dipimpin oleh Ibu Ir. Yuslinda, MM selaku Kepala BAPPEDA Propinsi KALBAR dan Bapak Ir. M. Munsi selaku Kepala Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Barat.
Dengan luasnya areal lahan perkebunan sawit yang ada di kalbar ini masyarakat pada umumnya hanya bertumpu pada sector perkebunan saja sehingga banyak bagian dari sector perkebunan ini yang belum dapat dimanfaatkan secara optimal sehingga perlu adanya integrasi dengan sector lainnya dalam hal ini khususnya sector peternakan. Pada rapat ini membahas masalah optimalisasi integrasi sector peternakan dan sector perkebunan yang dijembatani melalui Integrasi Sapi-Sawit. Rapat ini diharapkan akan adanya perubahan kebijakan yang mendukung sector peternakan yang selama ini hanya dipandang sebelah mata dan melalui kolaborasi dari semua sector ini pemerintah optimis dapat mengoptimalkan kesejahteraan rakyat yang selama ini hanya bertumpu pada salah satu sector saja (sector perkebunan atau sector pertanian).
Adanya integrasi sapi-sawit ini diharapkan dapat memanfaatkan areal pertanian maupun perkebunan agar dapat menjadi sustainable dengan menggunakan konsep zero wasted yang pada akhirnya dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat khususnya di Kalimantan Barat.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.