Forum Perangkat Daerah Sektor Perkebunan Provinsi KalbarTahun 2021

Forum Perangkat Daerah Sektor Perkebunan Provinsi Kalimantan Barat dilaksanakan pada tanggal 12 maret 2020 bertempat di Hotel Kapuas Dharma Pontianak. Hadir dalam kegiatan ini Dirjen Perkebunan Kementan RI, Sekretaris Daerah Kalbar yang diwakili oleh Kabiro perekonomian setda Kalbar,Komisi 2 DPRD Provinsi Kalbar, Bappeda Kalbar, Kepala Perangkat Daerah bidang perkebunan se Kalbar, Kepala Balai Proteksi Tanaman Perkebunan, Kepala Balai PengkajianTeknologi Pertanian dan undangan lainnya.

Dengan mengambil tema Peningkatan Produktifitas dan Nilai Tambah Perkebunan untuk Kesejateraan Pekebun, forum ini juga ditujukan untuk penyusunan perencanaan teknis sub sektor perkebunan di Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2021.

Beberapa isu strategis pembangunan perkebunan yang terus menjadi perhatian adalah : penurunan harga karet, konflik perusahaan dan masyarakat, produktifitas perkebunan, belum terbentuknya industri hilir dan kebakaran lahan. Isu strategis tersebut dirumuskan menjadi indikator kinerja Perkebunan secara global di Kalimantan Barat yakni : peningkatan produktifitas tanaman perkebunan dan peningkatan Nilai Tukar Petani Perkebunan (NTP). Indikator tersebut khusus untuk NTP di Kalbar mencapai 106 dengan peningkatan sebesar 1,83%. NTP ini juga menjadi salah satu faktor penilai pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan PDRB sektor perkebunan.

Untuk mendukung capaian kinerja sektor perkebunan, Dirjend Perkebunan mengusung program unggulan yakni GRASIDA, yang mana dalam program ini ditujukan untuk menciptakan perkebunan yang maju dan modern melalui 6 pilar pencapaian.

Kabupaten Sanggau yang di wakili oleh Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan, H. Syafriansah, SP,MM, dalam kesempatan ini menjadi salah satu narasumber memaparkan program kerja pembangunan perkebunan di Kabupaten Sanggau untuk 5 tahun kedepan. Sinkronisasi dan sinergisitas program kerja yang diusung oleh Disbunnak Sanggau sudah selaras dengan RPJMD Kabupaten Sanggau 2019-2024 dan juga selaras mendukung visi misi Gubernur Kalbar, dimana program kerja yang dilaksanakan di tujukan untuk kesejahteraan masyarakat terutama pekebun. Program unggulan sektor perkebunan di Kabupaten Sanggau adalah, penataan perijinan usaha perkebunan dan Peremajaan tanaman tua serta fasilitasi penerbitan Surat Tanda Daftar Budidaya Perkebunan (STDB).

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.