Kadis Perkebunan dan Peternakan Launching Perdana Program PSR di Kabupaten Sanggau

Launching Perdana Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat di Kabupaten Sanggau dalam kerangka pendanaan oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS) di KUD Sawit Trija Desa Kelompu Kecamatan Kembayan
Launching Perdana Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat di Kabupaten Sanggau dalam kerangka pendanaan oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS) telah dilaksanakan pada Selasa, 10 Desemberr 2019, di KUD Sawit Trija, Desa Kelompu Kecamatan Kembayan.
Kabupaten Sanggau saat ini terdapat potensi sekitar 18.000 hektar kebun sawit rakyat yang produktivitasnya minim, dimana rata-rata sudah berumur lebih dari 25 Tahun sehingga membutuhkan peremajaan. Sementara Dirjen Perkebunan telah menyusun grand design peremajaan kelapa sawit yang diwujudkan dalam bentuk pedoman yang mengatur aspek teknis kegiatan peremajaan perkebunan kelapa sawit pekebun rakyat, sesuai yang ditetapkan dalam keputusan Dirjen Perkebunan Nomor 29/KPTS/KB.120/3/2017 tentang Pedoman Peremajaan Tanaman Kelapa Sawit Pekebun, Pengembangan Sumber daya Manusia dan Bantuan Sarana Prasarana dalam kerangka pendanaan BPDP-KS.
Untuk KUD Sawit Trija sendiri Potensi untuk Kegiatan Peremajaan yaitu untuk tahun tanam 1985 /1986 ada sekitar 806 KK atau kurang lebih sekitar 1200-an Hektar, dimana yang dilauncing pada hari ini baru 218 Hektar untuk tahap pertama yang mana belum separuh dari potensi yang ada. Kedepannya diharapkan dengan adanya Launcing pada hari ini bisa membuat petani lainnya untuk tertarik mengikuti program replanting ini
Kegiatan launching yang yang berlangsung menghadirkan semua stakeholder terkait, di antaranya para petani sawit,Pengurus KUD Sawit Trija, Pengurus KUD Pengusul Kegiatan PSR, pendamping desa, unsur Desa disekitar Lokasi Replanting, Pemuka Adat , Tokoh Masyarakat, Unsur Kepolisian dan TNI, Unsur kecamatan Tayan Hulu dan Kembayan, Dinas Kabupaten , PPKS sub Station Parindu , pihak Perbankan , serta pengelola PKS Lingkup kecamatan Tayan Hulu dan Kembayan.
Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sanggau, H. Syafriansyah SP, MM dalam sambutannya pada acara Launching Peremajaan Sawit Rakyat itu mengatakan pihaknya menyambut baik diselenggarakannya launching peremajaan kelapa sawit rakyat di wilayah Kabupaten Sanggau, khususnya Desa Kelompu. Dimana Setelah kurang lebih 1 Tahun mempersiapkan administrasi dan persyaratan lainnya akhirnya kegiatan Launcing ini bisa terselengara dengan baik. Kegiatan ini merupakan langkah positif dalam upaya alokasi penggunaan Dana Sawit yang dikelola oleh BPDP-KS untuk replanting perkebunan kelapa sawit rakyat di daerah ini. Kedepannya semoga program Peremajaan Kelapa Sawit Rakyat yang bersumber dari BPDP-KS dapat mensejahterakan petani kebun, dalam hal ini petani sawit..
Selanjutnya setelah acara launcing dilaksanakan peninjauan langsung kebun, dimana disaksikan bersama peserta Launcing penumbangan perdana pohon dan pencincangan (tumbang chipping) yang menandakan dimulainya kegiatan PSR di KUD Sawit Trija Desa Kelompu Kecamatan Kembayan.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.