Pelayanan Kesehatan Hewan Di Desa Sape Kec Jangkang dan Desa Serambai Jaya Kec Mukok

Tanggal 29 – 30 Januari 2020 Dinas Perkebunan dan Peternakan khususnya Bidang Peternakan dan Kersehatan Hewan melakukan kegiatan pelayanan kesehatan hewan khususnya ternak sapi yang ada di Desa Sape Kec Jangkang dan Desa Serambai Jaya Kec Mukok. Pada kegiatan ini melibatkan 6 orang petugas dari Dinas Perkebunan dan Peternakan Kab Sanggau, dimana kegiatan ini dipimpin oleh Ibu Finy Widiyanti, S.Pt selaku Kasi Perbibitan dan Produksi Peternakan dan 1 orang petugas peternakan Kec Mukok.

Pelayanan Kesehatan Hewan ini meliputi kegiatan pemeriksaan kebuntingan, pemberian vitamin, pemberian obat cacing, pemeriksaan gangguan reproduksi. Untuk kegiatan pemeriksaan kebuntingan dan pemeriksaan gangguan reproduksi dilakukan oleh Bapak Mulyono selaku Kasi Kesmavet dan Bapak Edi Sukoco selaku petugas peternakan Kec Mukok.

Kegiatan pelayanan kesehatan hewan di Desa Sape Kec Jangkang pihak Dinas melayani peternak baik dari kelompok maupun perorangan dimana pihak dinas berhasil melayani 41 ekor sapi milik peternak. Dari 41 ekor sapi yang diperiksa terdapat 15 ekor sapi bali yang bunting dan 10 ekor sapi jantan dan 15 ekor anakan sapi dan 1 ekor sapi betina yang mengalami gangguan reproduksi.

Kegiatan pelayanan kesehatan hewan di Desa Serambai Jaya Kec Mukok pihak Dinas melayani peternak baik dari kelompok maupun perorangan dimana pihak dinas berhasil melayani 26 ekor sapi milik peternak. Dari 26 ekor sapi yang diperiksa terdapat 17 ekor sapi bali yang bunting dan 9 ekor sapi jantan dan 15 ekor anakan sapi.

Dari hasil kunjungan pihak dinas ke 2 desa tersebut terdapat 32 ekor sapi yang bunting, hal ini tidak lepas dari peran aktif petugas peternakan Kec Mukok dan pihak Dinas untuk mendukung perkembangan populasi ternak sapi bali di Kab Sanggau.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.