PEMBENTUKAN LEMBAGA EKONOMI MASYARAKAT (LEM) DESA KENAMAN DAN DESA BUNGKANG KECAMATAN SEKAYAM KABUPATEN SANGGAU

80%
Awesome
  • Design

Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Perkebunan memiliki salah satu program unggulan peningkatan perekonomian bagi petani melalui pembentukan Lembaga Ekonomi Masyarakat (LEM) di tingkat Desa. Kabupaten Sanggau sebagai Kabupaten yang berbatasan lansung dengan negara Malaysia mendapat kesempatan pertama menyelenggarakan program LEM ini yang dilaksanakan di 2 (dua) Desa yaitu Desa Kenaman dan Desa Bungkang Kecamatan Sekayam.

Sosialisasi Lembaga Ekonomi Masyarakat (LEM) diawali dengan sosialisasi tingkat Provinsi pada tanggal 19 September 2018, di tingkat Kabupaten pada tanggal 20 September 2018 kemudian dilanjutkan di tingkat Desa dari tanggal 21 s/d 22 September 2018.

Pembentukan Lembaga Ekonomi Masyarakat (LEM) di Desa Kenaman dan Desa Bungkang difasilitasi Tenaga Fasilitator yang berasal dari Tenaga Ahli Fasilitator Nasional dan Narasumber dari unsur Kementerian Pertanian, Direktorat Jenderal Perkebunan, Dinas Perkebunan Provinsi dan Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sanggau, dengan peserta pertemuan berjumlah kurang lebih 175 Orang di setiap Desa terdiri dari semua unsur Perangkat Desa – Kecamatan dan seluruh Stackholder serta sebagian besar masyarakat Desa Kenaman dan Desa Bungkang.

Pembentukan LEM ini mengasilkan AD/ART LEM pada masing – masing Desa serta kepengurusan LEM di Desa Kenaman dan Desa Bungkang pada tanggal 22 September 2018 yang diperoleh dengan sistem penjaringan/seleksi masing – masing calon pengurus, dengan uji kompetensi, tes kejujuran, penyampaian visi dan misi terakhir dilakukan voting, kemudian dilantik oleh Kepala Desa. Selanjutnya kepengurusan Lembaga Ekonomi Masyarakat (LEM) tersebut di Legalisasi dengan AKTE NOTARIS.

Dengan terbentuknya LEM ini maka diharapkan peran aktif semua pihak untuk bersama – sama memajukan perekonomian masyarakat dalam wadah Lembaga Ekonomi Masyarakat (LEM) Desa.

Sosialisasi dilaksanakan di ruang pertemuan gedung Perpustakaan Daerah Provinsi Kalbar
Sosialisasi dilaksanakan di lantai 1 ruang rapat kantor Bupati Sanggau
Sosialisasi dilaksanakan di lantai 1 ruang rapat kantor Bupati Sanggau
Sosialisasi dilaksanakan di lantai 1 ruang rapat kantor Bupati Sanggau
PEMBENTUKAN PENGURUS LEM DESA KENAMAN
PEMBENTUKAN PENGURUS LEM DESA KENAMAN
PEMBENTUKAN PENGURUS LEM DESA BUNGKANG
PENGURUS LEM DESA BUNGKANG
PELANTIKAN PENGURUS DESA BUNGKANG

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.