Penyelesaian BAP Perguliran Ternak Sapi Bantuan Pemerintah Tahun Anggaran 2017

Dinas Perkebunan dan Peternakan Kab. Sanggau diwakili oleh Bapak Mulyono dan Ibu Finy Widiyanti pada tanggal 29 dan 30 Januari 2019 melakukan kunjungan terhadap kelompok ternak yang ada di Desa Sape Kec Jangkang dan Desa Serambai Jaya Kec Mukok dalam rangka melakukan pendataan ulang terhadap bantuan ternak sapi dari pemerintah tahun anggaran 2017. Pada kunjungan kali ini pihak dinas mendatangi 5 kelompok tani ternak yang terletak di 2 desa. Pada Desa Sape ada 2 kelompok ternak dan di Desa Serambai Jaya ada 3 kelompok ternak yang mendapatkan bantuan pemerintah.

2 kelompok ternak di Desa Sape yang mendapatkan bantuan ternak sapi dari pemerintah tahun anggaran 2017 antara lain adalah kelompok ternak Mandiri dan kelompok ternak Bina Budidaya. Pada kelompok tani ternak Mandiri mendapatkan bantuan indukan 1 ekor sapi jantan dan 4 ekor sapi betina dimana pada kunjungan kemarin tersisa 1 ekor sapi jantan dan 3 ekor sapi betina dimana selama pemeliharaan 1 ekor sapi indukan betina mati, akan tetapi terdapat peningkatan terhadap populasi dimana dari ternak sapi bantuan tersebut melehirkan beberapa ekor anak sapi ( 1 jantan dan 2 betina). Pada kelompok tani ternak Bina Budidaya mendapatkan bantuan indukan 2 ekor sapi jantan dan 3 ekor sapi betina dimana pada kunjungan kemarin tersisa 1 ekor sapi jantan dan 3 ekor sapi betina dimana selama pemeliharaan 1 ekor sapi indukan jantan mati, akan tetapi terdapat peningkatan terhadap populasi dimana dari ternak sapi bantuan tersebut melehirkan beberapa ekor anak sapi ( 3 jantan).

3 kelompok ternak di Desa Serambai Jaya Kec Mukok yang mendapatkan bantuan ternak sapi dari pemerintah tahun anggaran 2017 antara lain adalah kelompok ternak Sido Urip, kelompok ternak Kinibalu Jaya dan kelompok ternak Suka Maju. Pada kelompok tani ternak Sido Urip mendapatkan bantuan indukan 1 ekor sapi jantan dan 7 ekor sapi betina dimana pada kunjungan kemarin tersisa 1 ekor sapi jantan dan 6 ekor sapi betina dimana selama pemeliharaan 1 ekor sapi indukan betina mati, akan tetapi terdapat peningkatan terhadap populasi dimana dari ternak sapi bantuan tersebut melehirkan beberapa ekor anak sapi ( 2 jantan dan 2 betina).
Pada kelompok tani ternak Kinibalu Jaya mendapatkan bantuan indukan 3 ekor sapi jantan dan 10 ekor sapi betina dimana pada kunjungan kemarin tersisa 3 ekor sapi jantan dan 8 ekor sapi betina dimana selama pemeliharaan 2 ekor sapi indukan betina mati, akan tetapi terdapat peningkatan terhadap populasi dimana dari ternak sapi bantuan tersebut melehirkan beberapa ekor anak sapi (6 betina). Pada kelompok tani ternak Suka Maju mendapatkan bantuan indukan 1 ekor sapi jantan dan 6 ekor sapi betina dimana pada kunjungan kemarin tersisa 1 ekor sapi jantan dan 6 ekor sapi betina seiring dengan masa pemeliharaan terdapat peningkatan terhadap populasi dimana dari ternak sapi bantuan tersebut melehirkan beberapa ekor anak sapi (3 jantan dan 1 betina).

Dari kunjungan pihak Dinas ke lokasi bantuan terdapat peningkatan populasi ternak sapi yang cukup signifikan, hal ini menunjukkan salah bukti keberhasilan Dinas Perkebunan dan Peternakan dalam membina kelompok tani ternak tersebut untuk mengembangkan populasi ternak sapi. Keberhasilan ini merupakan salah satu bentuk upaya Dinas Perkebunan dan Peternakan Kab Sanggau untuk mendukung program Bupati Sanggau dalam hal mengembangkan ketahanan pangan melalui diversifikasi usaha perkebunan/peternakan yang berbasis rumah.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.