Sosialisasi Pembuatan Gula Merah dari Kelapa Sawit

Batang kelapa sawit ternyata bisa menghasilkan bahan untuk gula merah, yakni dengan mengambil nira dari umbut kelapa sawit yang sudah di tumbang. Penemuan ini bisa memecahkan permasalahan ekonomi bagi petani sawit yang akan mengikuti program peremajaan sawit rakyat (PSR).   

 

 

 

 

 

 

 

 

Sosialisasi pembuatan gula merah dari batang kelapa sawit diadakan di lokasi pembibitan kelapa sawit Koperasi Produsen Gema Sawit Lestari Desa Pusat Damai Kecamatan Parindu dihadiri oleh Kabid Pengembangan, Perbenihan dan Produksi Perkebunan Estepanus Palentek, SP selaku Koordinator PSR Disbunnak Kabupaten Sanggau, Camat Parindu, Kepala Desa Pusat Damai, Ketua KUD Rindu Sawit, Ketua KUD Kapetha, Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS), dan Anggota Kelompok Tani pengusul PSR. (Sabtu, 4 Juli 2020)

Banyak petani yang bingung takut kehilangan penghasilan saat kebun kelapa sawit nya di replanting, dan berharap ini sebagai solusinya yang secara ekonomis satu batang kelapa sawit bisa menghasilkan 20 Kg gula merah, uji coba pertama ini sedang dilakukan di KUD Rindu Sawit Desa Pusat Damai Kecamatan Parindu yang telah melakukan replanting.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.