Timeline SABER 24 Kabupaten Sanggau

Setelah dilaksanakannya rakor pengendalian dan penanggulangan rabies dan rencana aksi SABER 24, Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sanggau menetapkan Timeline SABER 24 yang juga merupakan rencana aksi menuju tercapainya tujuan Sanggau Bebas Rabies Tahun 2024. Timeline tersebut adalah sebagai berikut :

Tahun 2020, dilaksanakan sosialisasi, pelatihan vaksinator, pendataan ulang HPR, vaksinasi, surveilans dan evaluasi vaksinasi

Tahun 2021, dilaksanakan sosialisasi, vaksinasi, surveilans, evalusi vaksinasi

Tahun 2022, dilaksanakan sosialisasi, vaksinasi, surveilans dan evaluasi vaksinasi

Tahun 2023, dilaksanakan sosialisasi, vaksinasi, surveilans pembebasan, dan

Tahun 2024, Surveilans pembebasan dan Pembebasan Rabies

Untuk mendukung hal tersebut, diperlukan alokasi anggaran yang tidak hanya bertumpu pada APBD Kabupaten.

Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Barat dalam komitmennya mendukung Program SABER 24 ini, juga siap membantu baik personil maupun sarana prasarana. Seperti diketahui Kabupaten Sanggau belum memiliki tenaga Medik Veteriner yang sangat diperlukan dalam kegiatan pengendalian rabies ini, oleh karena itu Provinsi siap memberikan pendampingan dengan menerjunkan Medik Veteriner yang dimiliki untuk membantu kegiatan di Kabupaten Sanggau. Selain Tenaga Medik Veteriner, Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Barat juga akan membantu ketersediaan Vaksin Rabies untuk Sanggau. Pada tahun 2019 Kabupaten Sanggau dibantu vaksin rabies sebanyak 16.510 dosis untuk menanggulangi populasi HPR di Kabupaten Sanggau sebanyak 32.000 ekor, dan akan terus berkomitmen sampai dengan tercapainya Sanggau Bebas Rabies,demikian disampaikan Kepala Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Barat, Ir. Muhammad Munsif, MM dalam Rakor tersebut (21/1/2020)

 

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.