Bupati Sanggau Melakukan Panen Perdana Program PSR di Lokasi KUD Sinar Mulia

Hadir pada acara Panen Perdana ini Gubernur Kalbar yang diwakili oleh Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalbar (Ir. Muhammad Munsif, MM) didampingi Bupati Sanggau (Paolus Hadi, S.IP, M.Si), Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sanggau (H. Syafriansyah, SP, MM), jajaran Forkompimda Sanggau, BPDPKS, Camat Kapuas, Kepala Desa, Pimpinan Perusahaan Kelapa Sawit, Pimpinan Bank dan Lembaga Mitra Pembangunan, Rabu (7/9/2022).

Dalam sambutannya Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalbar, “Pelaksanaan program ini di Kalimantan Barat efektif mulai dilakukan pada tahun 2018 yang diikuti delapan Kabupaten, yaitu Ketapang, Sambas, Bengkayang, Landak, Sanggau, Sekadau, Melawi dan Kubu Raya,” realisasi dana bantuan yang sudah disalurkan BPDPKS untuk wilayah Kalbar sampai dengan Agustus 2022 sebesar Rp 454,73 miliar dengan total luas rekomendasi teknis 16.512,2 hektar dengan jumlah pekebun yang menikmati manfaat tercatat 7.188 orang. “Kami atas nama Pemerintah Provinsi Kalbar mengucapkan selamat kepada KUD Sinar Mulia yang telah membuktikan bahwa program PSR itu benar, ditanam dan bisa dipanen dan kita lihat hasilnya luar biasa”.

Pada kesempatan ini juga, Bupati Sanggau (Paolus Hadi, S.IP, M.Si) mengingatkan petani yang telah mendapatkan program PSR agar tidak menjual lahannya kepada pihak lain. Namun lahan yang ada dirawat dan dijaga untuk kesejahteraan keluarga, dan juga meminta kepada petugas Dinas Perkebunan dan Peternakan di lapangan agar terus mengawal para pekebun apa yang sudah dikembangkan melalui bantuan pemerintah ini sampai betul-betul berhasil sesuai harapan kita semua. Selain itu juga mengaku senang dengan adanya lembaga swadaya masyarakat lainya yang ikut membantu.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sanggau (H. Syafriansyah, SP, MM) mengatakan untuk usulan tahap satu dari KUD Sinar Mulia di Desa Penyeladi ini luasnya 101 hektar dengan 48 pekebun. Sebenarnya total usulan di KUD Sinar Mulia lebih dari 600 hektar, ini usulan tahap petama yang kita lakukan panen perdana. Secara keseluruhan program PSR di Kabupaten Sanggau mencapai 4.503 hektar yang sudah mendapat rekomendasi teknis dan tersebar dibeberapa Kecamatan di Kabupaten Sanggau seperti di Kecamatan Kapuas, Meliau, Parindu, dan Kembayan. Untuk realisasi fisik yang sudah dilakukan tumbang chipping ada 3.886 hektar, sudah tanam dengan luas 3.219 hektar. Di Kabupaten Sanggau, kelembagaan pekebun yang sudah mendapatkan bantuan dana hibah peremajaan kelapa sawit sebanyak 31 usulan dari kelembagaan pekebun dengan jumlah pekebunnya 2.114 dan jumlah dana yang sudah disalurkan Rp 128,489 miliar dengan luasan 4.503 hektar. Ini prestasi nomor dua di Kalbar setelah Landak. Realisasi yang sudah ditanam seluas 3.219 hektar yang seluruhnya menggunakan benih bersertifikat ini merupakan bantuan tahap pertama yang dikelola KUD Sinar Mulia. Pada bulan Januari 2020 yang lalu ditanam secara resmi oleh Pak Bupati, dan hari ini 7 September 2022 Pak Bupati juga yang melakukan panen perdananya.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis