DISBUNNAK KAB. SANGGAU MELAKUKAN PELAYANAN KESEHATAN HEWAN TERPADU DI DESA TAE DAN DESA COWET KECAMATAN BALAI KABUPATEN SANGGAU

Selasa, tanggal 10 Mei 2022 Bidang Peternakan Kesehatan Hewan (PKH), Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sanggau melakukan pelayanan kesehatan hewan (pelkeswan) terpadu pada ternak sapi di Desa Tae dan Desa Cowet, Kecamatan Balai. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Bidang PKH dan ikut serta Kepala UPT Puskeswan dan Subkoordinator Perbibitan dan Peternakan serta melibatkan 7 Dokter Hewan beserta Paramedik

Program pelkeswan terpadu ini merupakan kegiatan yang rutin dilakukan oleh Dinas Perkebunan dan Peternakan untuk mempertahankan populasi ternak sapi dan menjadi fokus utama agar ada jaminan kesehatan ternak pada masyarakat. Pelkeswan terpadu ini tidak hanya untuk ternak bantuan pemerintah tapi juga ternak milik masyarakat. Kegiatan ini meliputi penyuluhan kesehatan hewan, pengobatan, hingga pemeriksanaan kebuntingan dan gangguan reproduksi. Kegiatan ini bersifat gratis (tidak dipungut biaya).

Kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka mensukseskan program Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri (SIKOMANDAN) yang dicanangkan Pemerintah Pusat. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan populasi dan produksi sapi dan kerbau di Indonesia.

Total ada 145 ekor sapi yang terlayani pada kegiatan ini. Dari hasil pemeriksaan, penyakit yang ditemui pada ternak sapi adalah cacingan, malnutrisi, luka, hipofungsi ovari dan repeat breeder. Tidak ditemukan penyakit menular strategis yang berbahaya.

80%
Awesome
  • Design

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.