DISBUNNAK KAB. SANGGAU SELENGGARAKAN BIMBINGAN TEKNIS JURU SEMBELIH HALAL

Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sanggau telah mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Juru Sembelih Halal (Juleha) bertempat di Hotel Meldy selama 2 hari yaitu pada tanggal 27-28 Juni 2022.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bimbingan teknis bagi juru sembelih hewan ruminansia dan unggas di Kabupaten Sanggau agar dalam melakukan penyembelihan hewan sesuai dengan syariah Islam, kaidah kesmavet, dan kesrawan. Selain itu juga untuk mengubah pola pikir dan pandangan masyarakat umum tentang penyelenggaraan pemotongoan hewan dari cara yang tradisional menjadi higienis sehingga menghasilkan daging yang Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH). Serta melindungi kesehatan dan ketentraman batin masyarakat.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bapak H.Syafriansyah,SP,MM selaku Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Sanggau dan dilanjutkan dengan pemberian materi Bapak H. Nasri Razali, S.Ag selaku Ketua Umum MUI Kabupaten Sanggau tentang Penyembelihan Hewan dalam Islam. Materi selanjutnya disampaikan oleh drh. Yeni Kazia Bekalani selaku Dokter Hewan di Disbunnak.

Pada hari ke-2 kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Dr. M. Agus Wibowo selaku Direktur LPPOM MUI Kalimantan Barat yang membahas tentang Persyaratan Pemenuhan Sistem Jaminan Halal di Rumah Potong Hewan. Materi ke-2 disampaikan oleh drh. Supriyono selaku Auditor Rumah Potong Hewan dan Unggas di LPPOM MUI Kalbar tentang Penerapan Kesejahteraan Hewan Pada Penyembelihan Halal di RPH/RPU.

Selain menerima materi, peserta juga melakukan praktik langsung dalam menyembelih ayam dan kambing. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan peserta mampu mempraktikkan apa yang telah dipelajari.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.