Hasil Penilaian Kepatuhan Terhadap Standar Pelayanan Publik Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sanggau Tahun 2021

Berdasarkan Surat Edaran Bupati Sanggau Nomor 065/2416/OR-B tanggal 13 Agustus 2021 mengenai hasil penilaian kepatuhan terhadap Standar Pelayanan Publik yang dilaksanakan oleh Tim Penilai Kabupaten Sanggau yang diketuai oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau pada Bulan Juni s/d Juli 2021. Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sanggau memperoleh Nilai 93,50 dan menempati peringkat ke-7 dari 32 Perangkat Daerah yang masuk dalam Zona Hijau (tingkat kepatuhan tinggi) dari keseluruhan total 43 Perangkat Daerah dan 3 Puskesmas yang dinilai. Hasil ini sama dengan Penilaian Kepatuhan terhadap standar pelayanan publik pada tahun 2020 dimana Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sanggau masuk dalam Zona Hijau (tingkat kepatuhan tinggi).

Hasil ini diperoleh dari Variabel  dan Indikator penilaian kepatuhan yang memiliki bobot berbeda tiap komponennya.

Variabel penilaian tersebut terdiri :

1. Standar Pelayanan

2. Maklumat Pelayanan

3. Sistem Informasi Pelayanan Publik

4. Sarana dan Prasarana/Fasilitas

5. Pelayanan Khusus

6. Pengelolaan Pengaduan

7. Penilaian Kinerja

8. Visi, Misi dan Motto Pelayanan

9. Atribut

Hasil rekapitulasi dan strategi tindak lanjut Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) Dinas Perkebunan dan Peternakan Tahun 2021 Berdasarkan peraturan MENPANRB Nomor 14 Tahun 2017 menunjukkan bahwa unsur-unsur penilaian dalam pelayanan meliputi Persyaratan, Prosedur, Waktu Pelayanan, Biaya Tarif, Produk Layanan, Kompetensi Pelaksana, Perilaku Pelaksana, Sarana dan Prasarana serta Penanganan Pengaduan memiliki nilai yang relatif baik, dengan Mutu Pelayanan B (Baik) dan A (Sangat Baik).

Diharapkan kedepannya Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sanggau agar dapat mempertahankan dan meningkatkan pelayanan/penerapan pelayanannya sehingga menjadi prima untuk tetap berada pada Zona Hijau (tingkat kepatuhan tinggi).

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.