Pelatihan Pembuatan Cuka Kayu dalam Rangka Pembinaan Kelompok Tani Peduli Api (KTPA)

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan pada di Lingkungan Segole Kelurahan Tanjung Kapuas Kecamatan Kapuas, Senin 20 Juni 2022 dengan peserta dari Kelompok Tani Peduli Api Usaha Iyah Manak. Maksud dan tujuan dari pelatihan pembuatan cuka kayu ini untuk menumbuhkan motivasi serta pengetahuan kepada peserta pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk mencegah dan mengurangi kebakaran lahan dan kebun dengan tidak membuka lahan dengan cara membakar

Dinas Perkebunan dan Peternakan Kab Sanggau yang diwakili oleh Rahma Kusumawardani, S.Hut  (Kasi Perlindungan Perkebunan) beserta staf yang memfasilitasi pelatihan ini menggandeng Narasumber dari Tim Manggala Agni DAOPS Sintang untuk Wilayah Kabupaten Sanggau untuk memberikan materi kegiatan yang meliputi teori dan praktek pembuatan Cuka Kayu sebagai alternatif dalam memanfaatkan sisa hasil tebasan.

Salah satu solusi yang dinilai tepat dan bisa diterapkan adalah dengan cara membuka lahan tanpa membakar atau biasa dikenal dengan PLTB (Pembukaan Lahan Tanpa Bakar). Upaya dalam mencegah terjadinya kebakaran lahan dan kebun selain memberikan sosialisasi juga dengan memberikan pelatihan kepada masyarakat untuk membuka lahan dengan cara tidak dibakar. Membuka lahan tanpa membakar tentu akan menghasilkan banyak sisa tebasan sebagai limbah pembukaan lahan.

Cuka kayu adalah cairan berwarna coklat pekat dan berbau sangit yang diperoleh dari distilasi asap yang dihasilkan dari proses pembuatan arang kayu menggunakan alat secara terkontrol. Cuka kayu bermanfaat untuk pengentalan getah karet, insektisida atau pembasmi hama, desinfektan, sebagai bahan pengawet makanan, penyubur tanaman, pupuk cair organic dan inhibitor mikroorganisme serta pencegah jamur dan bakteri.

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.