SABER’ 24 JANGKAU HARAPAN MAKMUR

Dalam rangka mewujudkan Sanggau bebas dari rabies, Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Sanggau melanjutkan program vaksinasi rabies seperti tahun – tahun sebelumnya. Vaksinasi rabies pada Hewan Penular Rabies (HPR) dilakukan rutin setiap tahun untuk menjaga hewan tidak terpapar oleh virus rabies.

Pada hari Senin, 09 Agustus 2021 dilakukan vaksinasi rabies di Desa Harapan Makmur, Kecamatan Meliau. Pelaksanaan vaksinasi dilakukan oleh ketua tim vaksinator Kecamatan Meliau yang dikoordinir oleh Lasiman, A.Md dan didampingi oleh wakil dari Disbunnak Kabupaten Sanggau, yakni Dema Iqbal, S.pt dan drh. Dwi Maulana Syabani. Saat pelaksanaan tim vaksinator juga didampingi oleh petugas Desa Harapan Makmur demi kelancaran vaksinasi.

Vaksinasi dimulai dari pukul 09.30 WIB dan berakhir pada pukul 17.30 WIB. Respon warga Desa Harapan Makmur terhadap program vaksinasi rabies sangat baik. Hal ini terlihat dari jumlah HPR yang tervaksinasi sebanyak 164 ekor dari jumlah populasi 229 ekor. Melihat data tersebut bukan berarti tim vaksinator tidak memiliki kendala saat pelaksanaan vaksinasi. Kendala yang dihadapi oleh tim vaksinator mulai lokasi Desa Harapan Makmur yang cukup jauh dengan waktu tempuh perjalanan kurang lebih 3 jam, akses jalan yang dilalui juga cukup parah baik darat maupun sungai serta sulitnya penangkapan hewan yang akan di vaksin.

Pen. drh Dwi Maulana Syabani

Anda mungkin juga berminat Berita Lainnya dari penulis

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.